Minggu, 30 Oktober 2011

Begini Caranya Jika Ingin Ikut Program Sarjana Mendidik

SEMARANG - Kamu ingin mendaftarkan diri ke dalam program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), tapi belum tahu caranya? Jika kamu berminat untuk menjadi tenaga pendidik pada program tersebut, berikut merupakan petunjuk praktis jika ingin bergabung dalam program yang berada di bawah naungan Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia tersebut.

Perlu diketahui dulu, untuk kamu yang kulih di Universitas Negeri Semarang (Unnes), kuota Unnes untuk program ini hanya 300 orang yang nantinya diterjunkan ke tiga daerah yakni Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ende (keduanya Nusa Tenggara Timur), dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Meski demikian, program ini tidak hanya untuk mahasiswa dan alumni universitas konservasi ini, tetapi juga lulusan dari perguruan tinggi mana pun, asalkan program studinya sudah terakreditasi. Demikian yang dilansir dari situs Unnes, Sabtu (22/10/2011).

Nah sarjana dari program studi apa saja yang dibutuhkan? Yaitu sekira 14 prodi yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Sejarah, Pendidikan Siologi dan Antropologi, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Ekonomi.

Sedangkan penentuan didasarkan pada dua hal yakni kebutuhan daerah sasaran dan ketersediaan program studi di Unnes yang sudah berwenang menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG), yakni merupakan program untuk mendidik para sarjana pendidik menjadi guru profesional. Jadi lulusannya kelak menjadi guru profesional.

Jadi sekalipun daerah sasaran membutuhkan guru seni dan budaya, misalnya tapi karena prodi terkait di Unnes belum berkewenangan mengadakan PPG bidang studi itu, maka tidak ada formasi untuk itu lewat Unnes. Maklumlah kelak setelah setahun mengabdi, kamu akan mendapatkan tiket sekaligus beasiswa mengikuti PPG.

Dalam pendaftaran program ini, kamu tidak perlu datang langsung ke Unnes atau LPTK lainnya ataupun mengirimkan berkas pendaftaran via jasa Kantor Pos. Kecuali jika nanti diumumkan dan dinyatakan diterima, baru melengkapi berkas-berkas persyaratan dan datang langsung untuk diverifikasi.

Kamu cukup melakukan pendaftaran secara online melalui website Maju Bersama Cerdaskan Bangsa Unnes dengan mengisikan identitas diri pada formulir yang telah disediakan. Selain itu, mengunduh beberapa surat pernyataan yang kelak diserahkan pada saat verifikasi, jika dinyatakan diterima. Adapun syarat-syarat dan ketentuan pendaftar dapat dibaca pada laman tersebut.

Kamu akan mendapatkan biaya hidup setiap bulan Rp2 juta sekaligus diasuransikan. Biaya perjalanan penerjunan (baik udara maupun darat) dan perjalanan pulang ditanggung penyelenggara.

Prospek dari program teresbut yakni kamu akan menerima beasiswa untuk mengikuti PPG dan Tidak ada ikatan untuk menjadi PNS setelah mengikuti program ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar