Kamis, 20 Oktober 2011

Berbagi 1


Hidup itu mudah, kata salah seorang teman begitu. Iya, wong sisa hidup saja apa susahnya. Selama nyawa masih di badan, selama itu pula kita ‘hidup’. Hahai. Sayangnya kehidupan ini memang tidak selalu semudah yang dibayangkan. Seringkali muncul masalah yang membuatnya terasa begitu berat, hingga beberapa orang memutuskan untuk mengakhirinya. Sangat disayangkan. Padahal kita tahu bahwa Tuhan tidak pernah membebani masalah kepada seseorang melebihi dari kapasitas kemampuannya.
Motivasi hidup dari orang bijak dalam hal ini adalah kata mutiara berikut :
Satu-satunya cara untuk melalui sesuatu adalah dengan menjalaninya.
Ya, masalah hanya akan dapat dilalui dan diselesaikan dengan menghadapi dan menjalaninya. Toh, semua pasti ada jalan keluarnya. Hidup ini sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Setiap masalah yang ada dalam kehidupan kita hanyalah sebuah media untuk meningkatkan kedewasaan dan kebijakan. Itu artinya setelah mampu menyelesaikan sebuah masalah kita akan naik level. Bisa saja menjadi orang yang lebih sabar, lebih pengertian, lebih penyayang.
Sayangnya banyak orang cenderung lebih suka mengeluh sebelum mencoba melakukan sebuah solusi. Mengeluh sama sekali tidak membantu kita, itu justru menjadi sebuah beban berat di hati. Yang perlu sahabat lakukan ketika menjalani kehidupan adalah perasaan legowo. Rasa ini yang akan mampu membantu kita menerima semua dengan lapang dada, hingga akhirnya dapat menemukan jalan keluar dengan resiko yang paling minimal.
Sebesar apa pun masalah yang kita hadapi saat ini, suatu saat kita akan menertawakannya. Masih ingatkah sahabat penderitaan yang sangat berat di masa lalu? Saya yakin sahabat akan tersenyum jika mengingatnya saat ini. Salah seorang sahabat saya pernah bercerita tentang masalah cintanya saat masih muda, yang membuatnya ingin mengakhiri hidup. Kini, setelah ia menikah, dan kami bercerita tentang masa itu, kami tertawa terbahak-bahak. Menertawakan apa yang pernah terjadi terhadapnya.
Ya, setiap masalah adalah media pendewasaan diri. Jadi tetaplah memberikan motivasi kepada diri anda sendiri, agar masalah dalam hidup dapat membuat pribadi anda menjadi lebih baik.
Bagaimana dengan sahabat hari ini? Apakah masih memiliki motivasi hidup? Adakah trik untuk dapat menyelesaikan masalah dengan mudah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar