Kamis, 20 Oktober 2011

BIDIK MISI


Siapa Bilang Kuliah Hanya Untuk Orang Kaya ?

Written by Doddy Zulkifli   
Tuesday, 12 October 2010 12:37
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) yang dikoordinir oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) mempunyai program yang dinamakan Beasiswa BIDIK MISI bagi para calon mahasiswa/i yang kekurangan atau keterbatasan secara ekonomi namun memiliki kemampuan akademis dan keinginan yang kuat untuk melanjutkan ke tingkat Perguruan Tinggi.
Kuliah di kampus kini menjadi mimpi yang begitu nyata bagi para penerima Beasiswa BIDIK MISI yang diterima di Universitas Mulawarman (Unmul). Hal ini terlihat secara jelas ketika Mendiknas Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA beserta rombongan yang terdiri dari Dirjen Dikti Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., Dirjen PNFI Hamid Muhammad, Ph.D., Staf Ahli Mendiknas Dr. Wukir Ragil, Rektor Unmul yang baru dilantik hari itu juga (11/10), serta  beberapa rekan-rekan wartawan berkenan untuk berkunjung ke rumah penerima Beasiswa BIDIK MISI di sekitar Kota Samarinda.
Mendiknas meyakinkan bahwa nantinya tidak ada lagi alasan bagi calon mahasiswa/i untuk tidak dapat melanjutkan kuliahnya karena terkendala biaya pendidikan. Mendiknas secara langsung melihat keadaan rumah-rumah penerima Beasiswa yang memang berada pada taraf ekonomi rendah.
Adalah Putri Anggraini salah satu penerima Beasiswa BIDIK MISI yang diterima di FKIP Unmul, telah merasakan terbantu dengan adanya program dari Kemdiknas tersebut. Rumahnya yang terletak di desa Sempaja Samarinda ini biasanya ketika hujan turun akan selalu terkena banjir dan keluarganya berada pada taraf ekonomi yang lemah. “Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri dan Kemdiknas yang telah memberikan saya kesempatan dalam mendapatkan Beasiswa ini, ini sangat membantu sekali untuk diri saya mengejar cita-cita saya”, ucapnya kepada Mendiknas siang itu. Ditanya oleh Mendiknas mengenai cita-citanya kelak, Putri pun menjawab singkat, “Ingin menjadi seorang guru Pak, karena setiap ada waktu saya juga selalu mengajar anak-anak disekitar sini semampu saya”. Sebuah cita-cita yang mulia bagi seorang anak yang berada pada taraf ekonomi yang secara logis tidak dapat meneruskan kuliah.
Selesai berkunjung ke rumah pertama, Mendiknas beserta rombongan berkunjung kerumah kedua yaitu Mutmainah yang diterima di Fakultas Hukum Unmul serta rumah ketiga, Yana yang diterima di Fakultas Ekonomi Unmul. Jalan-jalan terjal yang dilalui untuk sampai kerumah penerima Beasiswa BIDIK MISI, serta teriknya matahari siang itu tak menyiratkan sedikitpun kelelahan dari rombongan untuk bisa bercengkerama dengan orang-orang yang begitu menginginkan untuk kuliah namun dengan kemampuan finansial yang terbatas. Mendiknas berpesan kepada keduanya agar tetap terus melanjutkan kuliah sampai selesai dan berjanji Kemdiknas akan selalu membantu untuk mencapai cita-cita keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar