Minggu, 30 Oktober 2011

Menjadi Pemuda Beta (Believe, Think, Action)

BANGSA Indonesia lahir dari peran pemuda. Tepat 83 tahun yang lalu, 28 Oktober 1928 merupakan titik awal pemuda untuk bangkit memberikan kontribusi penuh melalui Sumpah Pemuda.
Pemuda dari seluruh nusantara yang dikenal dengan nama “jong” ( jong sumtara, jong java, jong ambon, jong Celebes, dan sebagainya) berjanji dan membulatkan tekad untuk menyatukan suara pemuda, yakni Tanah Air satu, bangsa satu, bahasa satu, Indonesia.

Peristiwa Sumpah Pemuda memberikan pesan kepada kita bahwa sebuah bangsa membutuhkan pemuda-pemuda yang akan mengangkat dan memajukan bangsa ini. Bangsa Indonesia memiliki kaum muda yang sangat banyak dari seluruh pelosok Nusantara dan berprestasi di berbagai bidang, seperti IT, sains, budaya, maupun wirausaha.

Pemuda memiliki peran penuh terhadap bangsa ini. Mereka merupakan pilar bangsa yang memiliki intregitas yang harus diakomodir oleh bangsa (pemerintah). Masih banyak pemuda yang memiliki cita-cita., maka mereka harus diberikan kesempatan kembali untuk turut andil dalam mewujudkan cita-cita bangsa, layaknya peran saat sumpah pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan.

Tantangan pemuda zaman kemerdekaan jauh lebih berat dibandingkan tantangan pemuda zaman sekarang. Pemuda zaman sekarang memilki tantangan untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan yang telah diwarisi oleh pemuda zaman dulu, yakni mempersatukan kembali pemuda Indonesia melalui komunitas dan jaringan yang solid di seluruh daerah. Komunitas tersebut dapat memberikan karya demi masa depan yang lebih baik.

Melihat potret pemuda saat ini, maka ada 3 hal yang perlu ditanamkan pada diri pemuda. Pertama adalah BELIEVE (kepercayaan kepada Tuhan). Believe merupakan fondasi utama untuk membangun karakter pemuda yang baik. Menanamkan keimanan bahwa bangsa ini adalah nikmat yang diberikan sehingga harus kita jaga secara utuh dan komperhensif.

Kedua, THINK (pemikiran). Mindset atau pola pikir yang benar dari setiap pemuda akan melahirkan karya terbaik. Ketiga, ACTION (tindakan). Dengan memiliki believe dan think yang benar, maka akan melahirkan action yang benar pula. Konsep nilai dasar inilah yang harus dimiliki pemuda saat ini yaitu Believe, Think, dan Action (Beta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar