Rabu, 19 Oktober 2011

PKM-M han


  1. Judul Program
Pembentukan Karakter Hidup Bersih dan Sehat Pada Diri Anak Melalui Pembinaan Komunitas Peduli Sampah di SD Negeri 060857, Medan
  1. Latar Belakang
Sampah menjadi persoalan yang cukup serius bagi masyarakat terutama di wilayah kota Medan. Selama ini masyarakat menyepelekan sampah-sampah yang berserakan dan menyerahkan urusan sampah kepada petugas kebersihan. Namun ketika di hari-hari besar sampah pun akan berserakan dikarenakan petugas sampah yang libur. Hal ini menyebabkan sampah tidak terangkat oleh petugas dan menumpuklah sampah dimana-mana.
Medan diperkirakan sampah mencapai 4.000 ton setiap harinya. Sampah, memang menjadi masalah besar untuk sebuah kota di mana penduduknya belum perduli benar tentangnya. Sampah tersebut terdiri dari sampah rumah tangga, industri, perhotelan,  restoran dan yang lainnya. Sebagian sampah tersebut berhasil diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir), sebagian lagi tertimbun di tempat sampah, dibuang ke dalam sungai dan dibakar. Lingkungan menjadi mudah terkena banjir akibat dari tumpukan sampah serta pembuangan sampah ke sungai.
Berdasarkan Undang-Undang  Republik Indonesia nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah pada Bab IX Pasal 28 adapun masyarakat berperan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan melalui:
a. pemberian usul, pertimbangan, dan saran kepada Pemerintah dan/atau pemerintah
daerah;
b. perumusan kebijakan pengelolaan sampah; dan/atau
c. pemberian saran dan pendapat dalam penyelesaian sengketa persampahan. Serta sesuai amanah Undang-Undang Nomor : 32 Tahun 2009 Pasal 67, ditegaskan bahwa setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta  mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup.
Pelajar tingkat dasar dalam hal ini berperan penting dalam mengatasi masalah ini. Dengan pembinaan komunitas peduli sampah yang kita tanamkan pada jiwa anak-anak sejak dini, maka akan terpahatlah karakter positif peduli akan lingkungan pada jiwa sang anak. Bayangkan jika setiap orang mencintai 1 sampah saja, maka berapa sampah yang akan terselamatkan dari muka bumi ini. Maka permasalahan sampah akan teratasi.
Sampah yang berserakan dihalaman SD negeri 060857 membuat lingkungan tampak kotor. Permasalahan sampah selama ini hanya diserahkan kepada petugas piket harian. Ya, jika hari itu bukan gilirannya piket maka ia tidak akan peduli dengan sampah yang berserakan. Hal ini membuat pihak guru merasa risih dengan sikap siswanya yang tidak acuh dengan sampah yang berserakan serta tidak adanya rasa peduli terhadap lingkungan.
Sampah yang berserakan ketika jam istirahat usai terjadi pada lingkungan sekolah. Terlihat bungkusan jajan yang berserakan dihalaman sekolah yang membuat suasana menjadi tidak nyaman, bahkan terkadang sampah-sampah jajan itu juga berada dilantai kelas belajar. Hal ini terjadi karena siswa yang menggunakan kelas untuk belajar menjadi tempat mereka istirahat dan makan-makan. Dan sampah bekas makanan yang mereka konsumsi dibuang dimana saja mereka mau. Suasana belajar pun menjadi tidak nyaman karena sampah yang terlihat dimana-dimana.
Ada lagi yang menjadikan laci meja belajar sebagai tempat pembuangan sampah. Perbuatan ini akan tentunya berdampak negative bagi kesehatan lingkungan kelas. Yakni meja akan menjadi sarang nyamuk yang disebabkan oleh tumpukan sampah yang berada didalam laci meja belajar. Tidak menutup kemungkinan terjangkitnya wabah penyakit demam berdarah dari lingkungan yang kotor ini.
Penanaman sikap peduli lingkungan yang diawali dari sekolah tingkat dasar  akan membuahkan hasil yang lebih positif bagi jiwa anak. Sejak kecil, anak perlu mendapat bimbingan yang baik tentang sikap peduli pada lingkungan. Kebiasaan ramah lingkungan yang dibentuk sejak usia dini ini diharapkah bisa terus menjadi gaya hidup anak di usia dewasa Membangun karakter positif sang anak dengan mencintai sampah sejak di sekolah dasar merupakan suatu cara penanaman kebiasaan yang baik. Sesuai pendapat golden age pada usia dini 0-6 tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak. Dan pembinaan peduli lingkungan lebih mudah untuk dilakukan pada anak usia dini ini.
Dalam lingkup Sekolah Dasar Negeri 060857 Medan, dengan peninjauan berskala, melihat, menimbang dan memutuskan untuk mengadakan “Pembinaan Komunitas peduli sampah sebagai pembentukan karakter hidup bersih dan sehat pada siswa SD Negeri 060857 Medan”.
  1. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana model pembinaan komunitas sampah pada siswa SD Negeri 060857.
2.      Apakah model yang diterapkan dapat menumbuhkan kebiasaan bersih dan sehat pada diri siswa SD Negeri 060857.

  1. Tujuan Program
1.      Menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini
2.      Menciptakan suasana cinta sampah, yakni:
-          Mulai dari diri sendiri
-          Mulai dari sampah yang kecil
-          Mulai dari sekarang
3.      Mengangkat rasa cinta sampah kepermukaan dengan menjalin hubungan baik tanpa kepalsuan. Contoh : dengan benar-benar mencintai sampah bukan karena kepalsuan seperti mengutip sampah karena takut kepada guru, yang mengandung makna keterpaksaan.
  1. Luaran yang diharapkan
1.      Terbentuknya karakter peduli lingkungan melalui komunitas peduli sampah pada jiwa anak.
2.      Lingkungan sekolah yang sehat dan bebas penyakit.
3.      Terbentuknya komunitas cinta sampah pada tingkat Sekolah Dasar yang akan menjadi panutan dalam hal peduli lingkungan.
  1. Kegunaan Program
1.      Membina karakter bersih dan sehat pada diri anak sejak dini.
2.      Memberikan kesadaran akan dampak yang positif bagi lingkugan masyarakat ketika kita mencintai sampah yakni lingkungan bersih, indah dipandang, bebas dari penyakit dan hidup dengan sehat.
3.      Membantu masyarakat SD Negeri 060857 Medan dalam menangani masalah lingkungan yang ada.
4.      SD Negeri 060857 akan memiliki komunitas cinta sampah bersama siswa/I  yang kreatif dan terampil.
  1. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran Metode Pelaksanaan Program
SD Negeri 060857 adalah  SD yang terletak di Jl.Durung No 130 Kecamatan Medan Tembung berada dalam 1 komplek dengan SD lain. Dalam hal ini pihak sekolah mengalami sedikit kesulitan dalam penanganan kebersihan sampah di lingkungan komplek sekolahnya. Walaupun telah disediakan tong sampah besar di setiap kelas namun belum ada kesadaran dari tiap siswa untuk bersikap apatis terhadap sampah yang berserakan.
Bersama surat edaran yang masuk ke SD negeri 060857 dengan nomor 522.4/17343 yang bersifat penting bersama prihal yang meminta agar sekolah mengadakan penanaman pohon dan pembuatan lubang resapan biopori untuk mengatasi masalah lingkungan terutama sampah yang mengakibatkan kualitas lingkungan hidup semakin menurun membuat SD Negeri 060857 sangat mengharapkan kerja sama dari pihak yang dapat membantu. Dalam hal ini kami dari mahasiswa Universitas negeri Medan ingin melakukan pengabdian masyarakat dalam hal membantu pihak SD negeri 060857 dalam menangani masalah lingkungan yakni sampah. Beredarnya surat dari pihak walikota Medan akan penanaman pohon dan pembuatan lubang resapan biopori kepada pihak sekolah maka perlu adanya sebuah komunitas cinta sampah.
Kesibukan aktivitas belajar mengajar yang diwajibkan membuat guru sedikit kesulitan dalam menangani masalah ini. Sekolah telah memiliki  siswa UKS yang telah mengikuti bimbingan serta pelantikan dengan jumlah 15 orang. Namun halnya semua itu belumlah cukup untuk menangani masalah sampah yang ada. Siswa/I yang ada sekitar 450 orang yang terbagi atas 2 gelombang yakni pagi dan sore. Adapun kegiatan belajar mengajar sore jatuh pada anak kelas 3 (tiga) dan 4 (empat) dengan jumlah kurang lebih 150 0rang.
Lingkungan SD yang sangat mendukung yakni memiliki halaman dibelakang gedung belajar siswa yang dapat kita gunakan sebagai lahan untuk beberapa aktivitas peduli lingkungan seperti pembuatan lubang resapan biopori serta penanaman pohon semakin membuka peluang untuk diadakannya komunitas  di SD tersebut sebagai upaya menyelamatkan lingkungan yang sehat. Serta dilihat dari tingkat kejiwaan anak-anak yang ada pada lingkungan SD ini maka sangat cocok untuk diadakan komunitas cinta sampah sebagai penanaman character building dengan beberapa agenda yang telah didiskusikan bersama pihak sekolah.
  1. Metode Kegiatan
1.       Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Program :
·         Hari           : Sabtu
·         Waktu       : 11.00 s/d selesai
·         Tempat      : SD Negeri 060857 Medan
2.      Khalayak Sasaran Antara : Siswa Kelas V SD Negeri 060857 Medan
3.      Langkah-langkah Kegiatan :
·         Peninjauan pada masyarakat sasaran
·         Perencanaan metode kegitan
·         Menjadwalkan beberapa kegiatan program yakni 12 kali dalam jangka waktu 3 bulan
·         Melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal kegiatan program
4.      Penyusunan Laporan Kegiatan
1.      Model pembinaan yang dilakukan berupa penyuluhan yang diadakan diawal kegiatan program. Berlanjut pada kegiatan pembinaan komunitas peduli sampah yang didahului dengan pembentukan komunitas peduli sampah yang terdiri dari siswa kelas V SD Negeri 060857. Setelah itu pembinaan berlanjut pada pelaksanaan kegitan program yang melibatkan anggota-anggota komunitas peduli sampah yang telah dibentuk. Komunitas pedui sampah ini akan menjadi panutan bagi siswa SD Negeri 060857 lainnya. Beberapa kegiatan seperti Pengumpulan sampah anorganik, pengolahan sampah anorganik, penanaman pohon serta pembuatan lubang biopori akan menerjunkan anggota komunitas langsung ke tempat sasaran dalam hal mengatasi maslah yang ada.
2.      Model pembentukan komunitas peduli sampah ini akan menjadi panutan bagi siswa SD Negeri 060857 lainnya.
  1. Jadwal Kegiatan Program
Bulan Ke-1
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu Minggu Ke
I
II
III
IV
-Penyuluhan Peduli sampah
ü



-Pembentukan Komunitas Peduli Sampah

ü


-Pengumpulan Sampah Anorganik


ü

-Kerja Bakti



ü

Bulan Ke-2
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu Minggu Ke
I
II
III
IV
-Evaluasi Penyuluhan Peduli Sampah
ü



-Penanaman Pohon

ü


-Pengolahan Sampah Anorganik


ü

-Kerja Bakti



ü





Bulan Ke-3
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu Minggu Ke
I
II
III
IV
-Penyuluhan teknik pembuatan lubang Biopori
ü



-Pembuatan Lubang Biopori

ü


-Diskusi Kepada Pihak Sekolah Tentang Manfaat dari Kegiatan yang Telah Dilakukan


ü

-Kerja Bakti



ü

  1. Rancangan Biaya
1.      Bahan habis pakai
No
Nama barang
Satuan
@
Total
1
Kertas HVS
2 rim
40.000
80.000
2
Amplop surat
1 kotak
30.000
30.000
3
Spidol
1 kotak
40.000
40.000
4
Kertas karton
50 kajang
1.000
50.000
5
Penggandaan modul
-
-
300.000
6
Penyusunan laporan
-
-
100.000

Total


600.000

2.      Peralatan penunjang PKM
No
Nama Barang
Satuan
@
Total
1
Spanduk
2 buah
100.000
200.000
2
Brosur
-
-
100.000
3
CD burning
30 keping
7.000
210.000
4
Sewa infokus
2 kali
50.000
100.000
5
Sewa laptop
2 kali
50.000
100.000
6
Sewa micropoon
2 kali
50.000
100.000
7
PIN komunitas
50 buah
5.000
250.000
8
Kaos komunitas
30 helai
75.000
2.250.000
9
Tong sampah
10 buah
10.000
100.000
10
Tali
-
-
20.000
11
Karpet
-
-
50.000
12
Bibit pohon
-
-
500.000
13
Perlengkapan pembuatan lubang biopori
-
-
1.000.000
14
Bahan kreasi sampah
-
-
500.000

Total


5.480.000

3.      Perjalanan
No
Nama Barang
Satuan
@
Total
1
Transport
-
-
1.000.000

Total
-
-
1.000.000

4.      Lain-lain
No
Nama Barang
Satuan
@
Total
1
Konsumsi
-
-
1.400.000
2
Honor pembicara
2 kali
250.000
500.000
3
Penghargaan


320.000
4
Dokumentasi
12 kali
50.000
600.000
5
Dana tak terduga
-
-
100.000

Total


2.980.000

TOTAL KESELURUHAN SEBESAR SEPULUH JUTA RUPIAH













  1. Lampiran
Biodata Ketua Kelompok
Nama                                      :RIZKI NURJEHAN
NIM                                        :1102111006
Umur                                      :19 Tahun
Fak/Jur/Stb                            :FIP/PPSD/2010
Tempat/Tanggal Lahir         :Air Hitam/05 Juli 1992
Jenis Kelamin                        :Perempuan
Bangsa                                    :Indonesia
Agama                                    :Islam
Alamat                                    :Jl. Pendidikan No.44A Medan

Anggota Kelompok
1.      Nama                                :KALSUMAH RANGKUTI
NIM                                  :409210019
Fak/Jur/Stb                      :FMIPA/Kimia/2008
Umur                                :21 Tahun
Tempat/Tanggal Lahir   :Longat/28 Maret 1990
Jenis Kelamin                  :Perempuan
Bangsa                              :Indonesia
Agama                              :Islam
Alamat                              :Jl. Karya No.1 Medan

2.      Nama                                : NURHADANIAH HASNIZA
NIM                                  : 1113151022
Fak/Jur/Stb                      : FIP/PPB/2011
Umur                                : 17 Tahun
Tempat/Tanggal lahir     : Tanjung Pura/24 Februari 1994
Jenis Kelamin                  : Perempuan
Bangsa                              : Indonesia
Agama                              : Islam
Alamat                              : Jl. Suluh No.133 Medan

Biodata Dosen Pembimbing
Nama                                : Drs. Akden Simanihuruk, M.Pd
Tempat/Tanggal Lahir   : Tiga Bodai/31 Desember 1956
Alamat/Hp                       : Jl. Walet I/306 Perumnas Mandala/
                                             081361626453
Golongan Pangkat/NIP  : IV/195612311996031008
Jabatan Fungsional         : Dosen
Jabatan Struktural         : -
Fakultas/Program Studi : Fakultas Ilmu Pendidikan/PGSD
Perguruan Tinggi            : Universitas Negeri Medan
Bidang Keahlian              : Pendidikan Matematika


Diketahui Oleh
Dosen Pembimbing                                                               Ketua Pelaksana Kegiatan


(Drs. Akden Simanihuruk, M.Pd)                                       (Rizki Nurjehan)
NIP. 195612311996031008                                                   NIM.11021110006

















SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA
Kami yang bertanda tangna dibawah ini:
I.                   Nama               : RIZKI NURJEHAN
Pekerjaan         : Mahasiswi Unimed
Alamat             : Jl. Pendidikan No.44A Medan
yang bertindak dan untuk atas nama Tim PKM-M Unimed dan selanjutnya dalam perjanjian ini disebut pihak I
II.                Nama               : AINUN MARDIAH HRP, S.PdI
Pekerjaan         : Wakil Kepala Sekolah
Unit Kerja       : SD Negeri 060857
Alamat             : Jl. Durung No 130 Medan
yang bertindak untuk dan atas nama SD 060857 dan selanjutnya dalam perjanjian ini disebut pihak II
            sepakat mengadakan perjanjian yang diatur dalam pasal-pasal tersebut dibawah ini.
Pasal I
Pihak I akan memberikan pengabdian dalam bentuk barang dan jasa untuk masyarakat SD Negeri 060857 dalam hal ini siswa/I kelas V.
Pasal II
Pihak II siap memberi, menyediakan dan membantu segala bentuk pengabdian dari pihak I.
Yang berjanji:
            Pihak I                                                                         Pihak II

Rizki Nurjehan                                                            Ainun Mardiah Hrp, S.PdI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar