Minggu, 30 Oktober 2011

RPP B.Indonesia Kelas IV sem 2 _jehan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : IV/2
Alokasi Waktu             : 2 x 35 menit
Aspek Kemampuan     : Membaca


I.                    Standar Kompetensi
7.      Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring dan membaca pantun
II.                  Kompetensi Dasar
7.1  Menemukan kalimat utama pada tiap paragraph melalui membaca intensif
7.2  Membaca nyaring suat pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3  Membaca pantun anak secara berbalas-balasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
III.                Indikator
7.3.1        Melafalkan bait-bait pantun dengan benar
7.3.2        Membacakan pantun dengan intonasi yang sesuai
7.3.3        Membaca pantun secara berbalasan
IV.                Tujuan Pembelajaran
Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa diharapkan mampu :
@ Melafalkan bait-bait pantun dengan benar
@ Membacakan pantun dengan intonasi yang sesuai
@ Membaca pantun secara berbalasan
V.                  Materi Pembelajaran
@ Memahami perbedaan antara intonasi dan lafal
@ Mengenal jenis-jenis pantun
@ Membaca pantun sdengan lafal dan intonasi yang tepat
@ Berbalas pantun dengan lafal dan lintonasi yang tepat
VI.                Pengalaman belajar
@ Kegiatan Awal :
·         Salam pembuka
·         Guru melakukan management kelas, yaitu :
1)      Memeriksa/mengabsen siswa
2)      Memeriksa kebersihan dan kerapian kelas dan siswa
3)      Guru menanyakan kondisi siswa sebelum memulai pelajaran
4)      Berdo’a bersama
·         Mengadakan appersepsi
@ Kegiatan Inti :
·         Guru menjelaskan pengertian Lafal serta Intonasi
·         Guru menjelaskan perbedaan antara Lafal dan Intonasi
·         Guru menjelaskan jenis-jenis pantun
·         Guru meminta murid untuk memberikan satu contoh pantun berdasarkan jenisnya
·         Guru meminta murid untuk membacakan pantunnya di depan kelas
·         Guru mencontohkan pembacaan pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Guru membagi siswa kedalam 2 kelompok yakni kelompok merak dan jingga
·         Guru meminta murid untuk membacakan pantun berbalas didepan kelas berdasarkan perwakilan kelompok masing-masing dengan intonasi dan lafal yang tepat
·         Guru memberikan potongan isi serta sampiran dan meminta murid untuk melengkapinya berdasarkan diskusi kelompok
·         Guru meminta siswa untuk membacakan hasil diskusi pantun mereka di depan kelas berdasarkan kelompok masing-masing
@ Kegiatan Akhir :
·         Guru membimbing siswa untuk membuat kesmpulan dari materi yang telah disampaikan
·         Guru memberikan tugas/pekerjaan rumah kepada siswa yaitu mencari contoh pantun nasehat minimal 10 pantun perkelompok
·         Salam penutup
VII.              Metode Pembelajaran
@ Ceramah
@ Tanya Jawab
@ Jigsaw
VIII.            Sumber Belajar
@ Standar Isi
@ Buku Bahasa Indonesia kelas IV SD “Inilah Bahasa Indonesiaku” Penerbit Platinum
@ Buku Bahasa Indonesia kelas IV SD “Saya Senang Berbahasa Indonesia” Penerbit Erlangga
@ Buku Bahasa Indonesia kelas IV SD “Bahasa Indonesia” Pnerbit Quadra
@ Hyperlink
IX.                Penilaian
@ Tertulis
@ Lisan
@ Tugas Kelompok
@ Portofolio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar