Kamis, 20 Oktober 2011

Sehat ala RAsulullah




             Siapa sich yang gak kepengen sehat? memang kesehatan adalah nikmat Allah yang sering diabaikan oleh manusia, tetapi jika nikmat telah dicabut oleh Allah, baru terasa dech!!!

             Rasulullah bersanda kepada kita bahwa mungkin yang kuat lebih baik dan dicintai oleh Allah dari mukmin yang lemah, lesu, kurang darah (anemia), dan macam lainnya. kita juga harus tau kalau mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, Rasulullah adalah contoh konkret dalam berbagai keadaan yang menunjukkan kekuatan seorang pemimpin ummat yang patuh diteladani dalam segala seginya, salah satunya adalah kesehatan fisik beliau.

             Pernah suatu ketika penggulat dimasa Quraisy, Rukanah namanya, bergulat dengan rasulullah tetapi Rukanah tidak mampu merobohkan Rasulullah sebab Rasulullah memiliki kekuatan Fisik.

             Teman – teman Pengen tau gak tips – tips sehat Ala Rasulullah? simak benar – benar tips – tips dibawah ini!!
      1.      selalu bangun sebelum subuh.
manfaatnya adalah selain pahala, kita juga mendapatkan kesegaran udara, memberikan terapi penyakit TBC karena udara subuh banyak mengandung Zat Asam, dan udara subuh juga memperkuat dan menyehatkan fikiran dan perasaan. bahkan, Salafush Shalih menyarankan untuk menyehatkan hafalan di waktu subuh.
      2.            aktif menjaga kebersihan
      3.            tidak pernah banyak makan.
Rasulullah bersabda. “ kami adalah kaum yang makan sebelum merasa lapar dan berhenti sebelum kenyang”. teman – teman tahu gak? dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda. 3 ruang itu antara lain : 1/3 untuk udara, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk makanan. so!! mulai sekarang kurangi dech porsi makan kita terutama makan meat ball (BaksO) , yang biasanya 7 kali seminggu, kini jadi 2 kali seminggu atau kalau bisa tidak usah sama sekali.
      4.            gemar berjalan kaki.
dengan berjalan kaki keringat akan mengucur pori – pori terbuka dan peredaran darah akan lancar dan hal tersebut dan hal tersebut baik untuk penyakit Jantung!
      5.            tidak pemarah!
      6.            tidak pernah iri hati
             nah... ini yang susah , manajemen Qalbu!! , Sakit melihat orang lain senang, Senang melihat orang lain sakit. itulah kejadian yang sering terjadi disekeliling kita. untuk menjaga kestabilitasi hati, dan kesehatan jiwa dan mentalitas, maka teman – teman harus menjauhi yang namanya penyakit Iri Hari. karena menjauhi iri hati merupakan langkah yang paling jitu, karena sikap ini menimbulkan kejenuhan, kegelisahan dan ke..... lain – lainnya. bila diikuti, penyakit iri hati ini bersumber dari buruk sangka dan mengarah ke dengki dan berakibat merusak hubungan Ukhuwah . hanya saja kita boleh saja Iri hati tapi dalam hal yang positif bro!  seperti terhadap orang yang banyak Ilmu kemudian yang banyak Amal Sholeh, serta iri hati kepada orang kaya yang rajin bersedekah!!

             Nah ... mulai sekarang , coba dech!! tips sehat ala rasulullah ini... dijamin gak bakalan menghabiskan banyak biaya, tetapi hanya membutuhkan kegiatan yang rutinitas saja. selamat mencoba Ya!!!!!

                Sahabat – sahabat Roman… sekarang udah tahukan gimana agar menjalani Pola Hidup Sehat ala Rasulullah? Semoga bermanfaat bagi kita Bersama ya…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar