Rabu, 19 Oktober 2011

tugas berpasangan SBM


                                                                                                Senin, 12 September 2011
Nama               : Rizki Nurjehan (NIM:1102111006)
                          Oni Lumban Tobing (NIM:1101111018)
Kelas               : Reguler C 2010
Mata Kuliah    : Strategi Belajar mengajar
TUGAS I
1. Sebutkan defenisi belajar menurut 5 ahli dan bandingkan!
Jawab :
Defenisi belajar
- Menurut Thursan Hakim, belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
- Menurut Slameto, belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
- Menurut Skinner yang di kutip oleh Dimyati dan Mudjiono dalam bukunya yang berjudul Belajar dan pembelajaran, bahwa belajar merupakan hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku.
- Menurut Hilgard dan Bower dalam bukunya Theories of Learning yang dikutip oleh Ngalim Purwanto, belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam suatu situasi.
- McGeoch (1956) memberikan definisi belajar “learning is a change in performance as a result of practice. Ini berarti bahwa belajar membawa perubahan dalam performance, yang disebabkan oleh proses latihan.

Perbandingan defenisi belajar antar ahli
-Menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan, sedangkan menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman.
Menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan, Sedangkan menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku.
Menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan, Sedangkan menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan.
Menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan, Sedangkan menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan.
- Menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman, Sedangkan menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan.
Menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman, Sedangkan menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku.
Menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman, Sedangkan menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan.
Menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman, Sedangkan menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan.
- Menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku, Sedangkan menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan.
Menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku, Sedangkan menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman.
Menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku, Sedangkan menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan.
Menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku, Sedangkan menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan.
- Menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan, sedangkan menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan.
Menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan, sedangkan menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman.
Menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan, sedangkan menurut Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku.
Menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan, sedangkan menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan.
- Menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan, sedangkan menurut Thursan Hakim, beliau lebih menekankan pada suatu proses perubahan.
Menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan, sedangkan menurut Slameto, beliau lebih menekankan pada hasil dari sebuah pengalaman.
Menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan, sedangkan menurut
Skinner, belajar akan menghasilkan sebuah tingkah laku.
Menurut McGeoch, menyebutkan adanya sebuah proses latihan, sedangkan menurut Hilgard dan Bower, adanya keberulangan yang dilakukan sehingga tercipta keterbiasaan.
2. Sebutkan ciri-ciri belajar, menurut 2 ahli!
Jawab :
Menurut Anita E. Woolfolk, ciri-ciri belajar yaitu adanya perubahan pengetahuan dan prilaku yang relative permanen pada individu yang mengalami proses belajar.
Menurut Ngalim Purwanto ciri-ciri belajar yaitu adanya kemampuan baru atau perubahan. Perubahan tingkah laku bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), maupun nilai dan sikap (afektif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar